Rumah bukan sekadar tempat hunian yang multifungsi, melainkan juga punya nilai estetika dan pesan-pesan filosofi bagi penghuninya, baik arsitektur maupun tata ruangnya. Rumah adat Sasak pada bagian atapnya berbentuk seperti gunungan, menukik ke bawah dengan jarak sekitar 1,5-2 meter dari permukaan tanah. Atap dan bubungannya (bungus) terbuat dari alang-alang, dindingnya dari anyaman bambu, hanya mempunyai satu berukuran kecil dan tidak ada jendelanya. Ruangannya (rong) dibagi menjadi inan bale (ruang induk) yang meliputi bale luar (ruang tidur) dan bale dalem berupa tempat menyimpan harta benda, ruang ibu melahirkan sekaligus ruang disemayamkannya jenazah sebelum dimakamkan.
Ruangan bale dalem dilengkapi amben, dapur, dan sempare (tempat menyimpan makanan dan peralatan rumah tangga lainnya) terbuat dari bambu ukuran 2 x 2 meter persegi atau bisa empat persegi panjang. Selain itu ada sesangkok (ruang tamu) dan pintu masuk dengan sistem geser. Di antara bale luar dan bale dalem ada pintu dan tangga (tiga anak tangga) dan lantainya berupa campuran tanah dengan kotoran kerbau atau kuda, getah, dan abu jerami. Undak-undak (tangga), digunakan sebagai penghubung antara bale luar dan bale dalem.
Hal lain yang cukup menarik diperhatikan dari rumah adat Sasak adalah pola pembangunannya. Dalam membangun rumah, orang Sasak menyesuaikan dengan kebutuhan keluarga maupun kelompoknya. Artinya, pembangunan tidak semata-mata untuk mememenuhi kebutuhan keluarga tetapi juga kebutuhan kelompok. Karena konsep itulah, maka komplek perumahan adat Sasak tampak teratur seperti menggambarkan kehidupan harmoni penduduk setempat.
Bentuk rumah tradisional Lombok berkembang saat pemerintahan Kerajaan Karang Asem (abad 17), di mana arsitektur Lombok dikawinkan dengan arsitektur Bali. Selain tempat berlindung, rumah juga memiliki nilai estetika, filosofi, dan kehidupan sederhana para penduduk di masa lampau yang mengandalkan sumber daya alam sebagai tambang nafkah harian, sekaligus sebagai bahan pembangunan rumah. Lantai rumah itu adalah campuran dari tanah, getah pohon kayu banten dan bajur (istilah lokal), dicampur batu bara yang ada dalam batu bateri, abu jerami yang dibakar, kemudian diolesi dengan kotoran kerbau atau kuda di bagian permukaan lantai. Materi membuat lantai rumah itu berfungsi sebagai zat perekat, juga guna menghindari lantai tidak lembab. Bahan lantai itu digunakan, oleh warga di Dusun Sade, mengingat kotoran kerbau atau sapi tidak bisa bersenyawa dengan tanah liat yang merupakan jenis tanah di dusun itu.
Konstruksi rumah tradisional Sasak agaknya terkait pula dengan perspektif Islam. Anak tangga sebanyak tiga buah tadi adalah simbol daur hidup manusia: lahir, berkembang, dan mati. Juga sebagai keluarga batih (ayah, ibu, dan anak), atau berugak bertiang empat simbol syariat Islam: Al Quran, Hadis, Ijma’, Qiyas). Anak yang yunior dan senior dalam usia ditentukan lokasi rumahnya. Rumah orangtua berada di tingkat paling tinggi, disusul anak sulung dan anak bungsu berada di tingkat paling bawah. Ini sebuah ajaran budi pekerti bahwa kakak dalam bersikap dan berperilaku hendaknya menjadi panutan sang adik.
Rumah yang menghadap timur secara simbolis bermakna bahwa yang tua lebih dulu menerima/menikmati kehangatan matahari pagi ketimbang yang muda yang secara fisik lebih kuat. Juga bisa berarti, begitu keluar rumah untuk bekerja dan mencari nafkah, manusia berharap mendapat rida Allah di antaranya melalui shalat, dan hal itu sudah diingatkan bahwa pintu rumahnya menghadap timur atau berlawanan dengan arah matahari terbenam (barat/kiblat). Tamu pun harus merunduk bila memasuki pintu rumah yang relatif pendek. Mungkin posisi membungkuk itu secara tidak langsung mengisyaratkan sebuah etika atau wujud penghormatan kepada tuan rumah dari sang tamu.
Kemudian lumbung, kecuali mengajarkan warganya untuk hidup hemat dan tidak boros sebab stok logistik yang disimpan di dalamnya, hanya bisa diambil pada waktu tertentu, misalnya sekali sebulan. Bahan logistik (padi dan palawija) itu tidak boleh dikuras habis, melainkan disisakan untuk keperluan mendadak, seperti mengantisipasi gagal panen akibat cuaca dan serangan binatang yang merusak tanaman atau bahan untuk mengadakan syukuran jika ada salah satu anggota keluarga meninggal.
Berugak yang ada di depan rumah, di samping merupakan penghormatan terhadap rezeki yang diberikan Tuhan, juga berfungsi sebagai ruang keluarga, menerima tamu, juga menjadi alat kontrol bagi warga sekitar. Misalnya, kalau sampai pukul sembilan pagi masih ada yang duduk di berugak dan tidak keluar rumah untuk bekerja di sawah, ladang, dan kebun, mungkin dia sakit.
Sejak proses perencanaan rumah didirikan, peran perempuan atau istri diutamakan. Umpamanya, jarak usuk bambu rangka atap selebar kepala istri, tinggi penyimpanan alat dapur (sempare) harus bisa dicapai lengan istri, bahkan lebar pintu rumah seukuran tubuh istri. Membangun dan merehabilitasi rumah dilakukan secara gotong-royong meski makan-minum, berikut bahan bangunan, disediakan tuan rumah.
Dalam masyarakat Sasak, rumah berada dalam dimensi sakral (suci) dan profan duniawi) secara bersamaan. Artinya, rumah adat Sasak disamping sebagai tempat berlindung dan berkumpulnya anggota keluarga juga menjadi tempat dilaksanakannya ritual-ritual sakral yang merupakan manifestasi dari keyakinan kepada Tuhan, arwah nenek moyang (papuk baluk) bale (penunggu rumah), dan sebaginya.
Perubahan pengetahuan masyarakat, bertambahnya jumlah penghuni dan berubahnya faktor-faktor eksternal lainya (seperti faktor keamanan, geografis, dan topografis) menyebabkan perubahan terhadap fungsi dan bentuk fisik rumah adat. Hanya saja, konsep pembangunannya seperti arsitektur, tata ruang, dan polanya tetap menampilkan karakteristik tradisionalnya yang dilandasi oleh nilai-nilai filosofis yang ditransmisikan secara turun temurun.
Pemilihan Waktu dan Lokasi
Untuk memulai membangun rumah, dicari waktu yang tepat, berpedoman pada papan warige yang berasal dari Primbon Tapel Adam dan Tajul Muluq. Tidak semua orang mempunyai kemampuan untuk menentukan hari baik, biasanya orang yang hendak membangun rumah bertanya kepada pemimpin adat. Orang Sasak di Lombok meyakini bahwa waktu yang baik untuk memulai membangun rumah adalah pada bulan ketiga dan bulan kedua belas penanggalan Sasak, yaitu bulan Rabiul Awal dan Zulhijjah pada kalender Islam. Ada juga yang menentukan hari baik berdasarkan nama orang yang akan membangun rumah. Sedangkan bulan yang paling dihindari (pantangan) untuk membangun rumah adalah pada bulan Muharram dan Ramadlan. Pada kedua bulan ini, menurut kepercayaan masyarakat setempat, rumah yang dibangun cenderung mengundang malapetaka, seperti penyakit, kebakaran, sulit rizqi, dan sebagainya.
Selain persoalan waktu baik untuk memulai pembangunan, orang Sasak juga selektif dalam menentukan lokasi tempat pendirian rumah. Mereka meyakini bahwa lokasi yang tidak tepat dapat berakibat kurang baik kepada yang menempatinya. Misalnya, mereka tidak akan membangun tumah di atas bekas perapian, bekas tempat pembuangan sampah, bekas sumur, dan pada posisi jalan tusuk sate atau susur gubug. Selain itu, orang Sasak tidak akan membangun rumah berlawanan arah dan ukurannya berbeda dengan rumah yang lebih dahulu ada. Menurut mereka, melanggar konsep tersebut merupakan perbuatan melawan tabu (maliq-lenget).
Sementara material yang dibutuhkan untuk membangun rumah antara lain: kayu-kayu penyangga, bambu, anyaman dari bambu untuk dinding, jerami dan alang-alang digunakan untuk membuat atap, kotaran kerbau atau kuda sebagai bahan campuran untuk mengeraskan lantai, getah pohon kayu banten dan bajur, abu jerami, digunakan sebagai bahan campuran untuk mengeraskan lantai.
Ruangan bale dalem dilengkapi amben, dapur, dan sempare (tempat menyimpan makanan dan peralatan rumah tangga lainnya) terbuat dari bambu ukuran 2 x 2 meter persegi atau bisa empat persegi panjang. Selain itu ada sesangkok (ruang tamu) dan pintu masuk dengan sistem geser. Di antara bale luar dan bale dalem ada pintu dan tangga (tiga anak tangga) dan lantainya berupa campuran tanah dengan kotoran kerbau atau kuda, getah, dan abu jerami. Undak-undak (tangga), digunakan sebagai penghubung antara bale luar dan bale dalem.
Hal lain yang cukup menarik diperhatikan dari rumah adat Sasak adalah pola pembangunannya. Dalam membangun rumah, orang Sasak menyesuaikan dengan kebutuhan keluarga maupun kelompoknya. Artinya, pembangunan tidak semata-mata untuk mememenuhi kebutuhan keluarga tetapi juga kebutuhan kelompok. Karena konsep itulah, maka komplek perumahan adat Sasak tampak teratur seperti menggambarkan kehidupan harmoni penduduk setempat.
Bentuk rumah tradisional Lombok berkembang saat pemerintahan Kerajaan Karang Asem (abad 17), di mana arsitektur Lombok dikawinkan dengan arsitektur Bali. Selain tempat berlindung, rumah juga memiliki nilai estetika, filosofi, dan kehidupan sederhana para penduduk di masa lampau yang mengandalkan sumber daya alam sebagai tambang nafkah harian, sekaligus sebagai bahan pembangunan rumah. Lantai rumah itu adalah campuran dari tanah, getah pohon kayu banten dan bajur (istilah lokal), dicampur batu bara yang ada dalam batu bateri, abu jerami yang dibakar, kemudian diolesi dengan kotoran kerbau atau kuda di bagian permukaan lantai. Materi membuat lantai rumah itu berfungsi sebagai zat perekat, juga guna menghindari lantai tidak lembab. Bahan lantai itu digunakan, oleh warga di Dusun Sade, mengingat kotoran kerbau atau sapi tidak bisa bersenyawa dengan tanah liat yang merupakan jenis tanah di dusun itu.
Konstruksi rumah tradisional Sasak agaknya terkait pula dengan perspektif Islam. Anak tangga sebanyak tiga buah tadi adalah simbol daur hidup manusia: lahir, berkembang, dan mati. Juga sebagai keluarga batih (ayah, ibu, dan anak), atau berugak bertiang empat simbol syariat Islam: Al Quran, Hadis, Ijma’, Qiyas). Anak yang yunior dan senior dalam usia ditentukan lokasi rumahnya. Rumah orangtua berada di tingkat paling tinggi, disusul anak sulung dan anak bungsu berada di tingkat paling bawah. Ini sebuah ajaran budi pekerti bahwa kakak dalam bersikap dan berperilaku hendaknya menjadi panutan sang adik.
Rumah yang menghadap timur secara simbolis bermakna bahwa yang tua lebih dulu menerima/menikmati kehangatan matahari pagi ketimbang yang muda yang secara fisik lebih kuat. Juga bisa berarti, begitu keluar rumah untuk bekerja dan mencari nafkah, manusia berharap mendapat rida Allah di antaranya melalui shalat, dan hal itu sudah diingatkan bahwa pintu rumahnya menghadap timur atau berlawanan dengan arah matahari terbenam (barat/kiblat). Tamu pun harus merunduk bila memasuki pintu rumah yang relatif pendek. Mungkin posisi membungkuk itu secara tidak langsung mengisyaratkan sebuah etika atau wujud penghormatan kepada tuan rumah dari sang tamu.
Kemudian lumbung, kecuali mengajarkan warganya untuk hidup hemat dan tidak boros sebab stok logistik yang disimpan di dalamnya, hanya bisa diambil pada waktu tertentu, misalnya sekali sebulan. Bahan logistik (padi dan palawija) itu tidak boleh dikuras habis, melainkan disisakan untuk keperluan mendadak, seperti mengantisipasi gagal panen akibat cuaca dan serangan binatang yang merusak tanaman atau bahan untuk mengadakan syukuran jika ada salah satu anggota keluarga meninggal.
Berugak yang ada di depan rumah, di samping merupakan penghormatan terhadap rezeki yang diberikan Tuhan, juga berfungsi sebagai ruang keluarga, menerima tamu, juga menjadi alat kontrol bagi warga sekitar. Misalnya, kalau sampai pukul sembilan pagi masih ada yang duduk di berugak dan tidak keluar rumah untuk bekerja di sawah, ladang, dan kebun, mungkin dia sakit.
Sejak proses perencanaan rumah didirikan, peran perempuan atau istri diutamakan. Umpamanya, jarak usuk bambu rangka atap selebar kepala istri, tinggi penyimpanan alat dapur (sempare) harus bisa dicapai lengan istri, bahkan lebar pintu rumah seukuran tubuh istri. Membangun dan merehabilitasi rumah dilakukan secara gotong-royong meski makan-minum, berikut bahan bangunan, disediakan tuan rumah.
Dalam masyarakat Sasak, rumah berada dalam dimensi sakral (suci) dan profan duniawi) secara bersamaan. Artinya, rumah adat Sasak disamping sebagai tempat berlindung dan berkumpulnya anggota keluarga juga menjadi tempat dilaksanakannya ritual-ritual sakral yang merupakan manifestasi dari keyakinan kepada Tuhan, arwah nenek moyang (papuk baluk) bale (penunggu rumah), dan sebaginya.
Perubahan pengetahuan masyarakat, bertambahnya jumlah penghuni dan berubahnya faktor-faktor eksternal lainya (seperti faktor keamanan, geografis, dan topografis) menyebabkan perubahan terhadap fungsi dan bentuk fisik rumah adat. Hanya saja, konsep pembangunannya seperti arsitektur, tata ruang, dan polanya tetap menampilkan karakteristik tradisionalnya yang dilandasi oleh nilai-nilai filosofis yang ditransmisikan secara turun temurun.
Pemilihan Waktu dan Lokasi
Untuk memulai membangun rumah, dicari waktu yang tepat, berpedoman pada papan warige yang berasal dari Primbon Tapel Adam dan Tajul Muluq. Tidak semua orang mempunyai kemampuan untuk menentukan hari baik, biasanya orang yang hendak membangun rumah bertanya kepada pemimpin adat. Orang Sasak di Lombok meyakini bahwa waktu yang baik untuk memulai membangun rumah adalah pada bulan ketiga dan bulan kedua belas penanggalan Sasak, yaitu bulan Rabiul Awal dan Zulhijjah pada kalender Islam. Ada juga yang menentukan hari baik berdasarkan nama orang yang akan membangun rumah. Sedangkan bulan yang paling dihindari (pantangan) untuk membangun rumah adalah pada bulan Muharram dan Ramadlan. Pada kedua bulan ini, menurut kepercayaan masyarakat setempat, rumah yang dibangun cenderung mengundang malapetaka, seperti penyakit, kebakaran, sulit rizqi, dan sebagainya.
Selain persoalan waktu baik untuk memulai pembangunan, orang Sasak juga selektif dalam menentukan lokasi tempat pendirian rumah. Mereka meyakini bahwa lokasi yang tidak tepat dapat berakibat kurang baik kepada yang menempatinya. Misalnya, mereka tidak akan membangun tumah di atas bekas perapian, bekas tempat pembuangan sampah, bekas sumur, dan pada posisi jalan tusuk sate atau susur gubug. Selain itu, orang Sasak tidak akan membangun rumah berlawanan arah dan ukurannya berbeda dengan rumah yang lebih dahulu ada. Menurut mereka, melanggar konsep tersebut merupakan perbuatan melawan tabu (maliq-lenget).
Sementara material yang dibutuhkan untuk membangun rumah antara lain: kayu-kayu penyangga, bambu, anyaman dari bambu untuk dinding, jerami dan alang-alang digunakan untuk membuat atap, kotaran kerbau atau kuda sebagai bahan campuran untuk mengeraskan lantai, getah pohon kayu banten dan bajur, abu jerami, digunakan sebagai bahan campuran untuk mengeraskan lantai.
Rumah sebagaimana pemahamannya adalah sebagai tempat berlindung sekaligus juga sebagai tempat menyimpan harta benda yang dimilikinya, dalam masyarakat komunitas Sasak, dalam membangun rumah itu disesuaikan dengan kebutuhan keluarga maupun kelompoknya disatu lingkungan, bangunan rumah tersebut memiliki nama sesuai dengan fungsi dankegunaannya serta nilai filosopi yang terkandong didalamnya, adapun jenis rumah antara lain sbb. :
1. BALE T A N I :
Bale Tani adalah bangunan rumah yang ditempati sebagai rumah…. tinggal oleh masyarakat komunitas Sasak dilingkungan kebanyakan terutama sekali yang berpencaharian sebagai petani, bangunan ini adalah satu buah rumah yangberlantaikan tanah dengan tata ruangnya terdiri dari satu ruang untuk serambi (Sesangkok) dan satu ruang untuk kamar (dalem bale), pada umumnya bale tani ini kamar (dalem bale) yang ada pada bangunan tersebut, tidak dipakai sebagai tempat tidur, melainkan untuk tempat menyimpan barang (harta benda) yang dimilikinya, kecuali bagi keluarga yang mempunyai anak gadis akan tidur dikamar (dalem bale), sedangkan tempat tidur bagi yang lain selain gadis adalah sebagian dari serambi yang ada, untuk keperluan masak memasak (dapur) masyarakat Sasak membuat tempat khusus yang disebut pawon.Sedangkan designe atap rumah atau bale tani, ini umumnya dengan sistim jurai yang atapnya terbuat dari alang-alang dimana ujung atap bagian Serambi (sesangkok) sangat rendah sebatas kening pada ketinggian orang berdiri, hal ini dikandung maksud agar siapapun yang datang dan hendak duduk diserambi rumah tersebut maka dia akan merunduk, sikap tunduk ini diartikan saling hormat menghormati dan saling menghargai antara tamu dengan tuan rumah.Adapun dinding rumah bale tani ini terdiri dari bedek disekitar kamar dalem bale, sebangkan pada serambi/ sesangkok tidak menggunakan dinding melainkan terbuka lebar, pondasi bale tani ini terbuat dari tanah yang artinya, bahwa manusia itu tidak dapat dipisahkan dengan tanah sebab tanah adalah unsur meterial penciptaan manusia oleh Allah SWT. Antara serambi/sesangkok dengan kamar (dalem bale) tidak sama, kamar lebih tinggi dari pada serambi, untuk masuk kekamar (dalem bale) dibuatkan tangga ( undak-undak ) yang biasanya dibuat tiga trap dengan pintu yang dinamakan lawang kuri, dengan tidak samanya tinggi pondasi serambi (sesangkok) dengan kamar (dalem bale) tersebut.Hal ini diartikan bahwa siapapun manusia ciptaan Tuhan tidak akan sama ketaqwaannya, ilmu pengetahuannya maupun kekayaannya, dengan dibentuknya pondasi seperti ini, maka diharapkan agar kita semua senantiasa ingat akan segala kekurangan dan kelebihan itu sebagai rahmat Tuhan. Adapun tinggi pondasi rumah bale tani ini berkisar yaitu untuk serambi dengan ketingian 70 – 80 Cm. Dari permukaan tanah sedangkan ketinggian untuk kamarnya sekitar 50 – 60 Cm. Dari permukaan serambi, sehingga setiap bale tani selalu ada tangga (undak-undak) yang sama bahan pembuatannya dengan bahan pondasi, dari halaman (leleyah) untuk masuk ke rumah, juga dibuatkan tangga (undak-undak), pada umumnya lingkungan bangunan rumah lokasi pemukiman tersebut senantiasa didukung/dilengkapi dengan sarana penyimpanan hasil pertanian seperti bangunan Sambi, alang dan lumbung sebagaimana khasnya bangunan gedung di Pulau Lombok masa kini, disamping itu pula ada bangunan sekepat / berugaq dan sekenam.
2. BALE J A J A R :
Bale Jajar adalah merupakan bangunan rumah tinggal bagi masyarkat komunitas Sasak dikalangan masyarakat… golongan ekonomi menengah keatas,, bentuknya hampir sama dengan bale tani, sedangkan bedanya Bale Jajar memiliki dua kamar (dalem bale) dan satu serambi (Sesangkok) diantara dua kamar tersebut terpisah dengan adanya lorong/koridor dari serambi / sesangkok menuju dapur dibagian belakang pada dua kamar (dalem bale) tersebut satu kamar lebih kecil dari kamar yang lain, sedangkan posisi tangga/pintu koridornya terletak pada sepertiga dari panjang bangunan bale jajar, designe atap sama sengan bentuk bale tani akan tetapi, pada bale jajar difasilitasi dengan dapur dibelakang yang sebagiannya untuk kandang ternak peliharaan dan atau tempat menyimpan alat pertanian yang dimiliki, bale jajar ini hingga sekarang masih kita temui ditempat – tempat tertentu, misalnya diperkampunganorang-orang bangsawan di Desa Mantang Kec. Batukliang, Desa Sengkol Kec. Pujut dan Desa Bonjeruk, Desa Sukarara Kecamatan Jonggat Lombok Tengah.Bale Jajar ini menggunakan bahan terediri dari tiang kayu, dinding bedek dan atap dari alang-alang, akan tetapi ada dibeberapa tempat sudah mulai menggunakan genteng tetapi dengan tidak merubah tata ruang dan ornamennya, bangunan bale jajar ini biasanya berada dilingkungan pemukiman yang luas dan rata-rata memiliki halaman yang cukup luas dan umumnya bangunan bale jajar ini ditengarai pula dengan menjulang tingginya alang / sambi sebagai tempat penyimpanan logistik kebutuhan rumah tangga dan atau keluarga lainnya.Dibagian depan rumah bale jajar ini bertengger sebuah bangunan kecil dinamakan berugaq atau sekepat dan dibagian belakang rumah bale jajar berdiri sebuah bangunan yang dinamakan Sekenam, bangunan sekenam ini hampir sama seperti berugaq atau sekepat, yang membedakan adalah tiangnya berjumlah enam.
3. BERUGAQ / SEKEPAT :
Berugaq / Sekepat adalah merupakan salah satu bangunan pendukung dalam… tata ruang bangunan tradisional Sasak, berugaq ini berbentuk segi empat sama sisi (bujur sangkar) bangunan ini terbuat dari kayu, bambu dan alang-alang sebagai atapnya dengan tidak menggunakan dinding, berugaq atau sekepat ini biasanya ditempatkan pada depan samping kiri atau kanan bangunan rumah bale jajar atau bale tani, berugaq / sekepat ini didirikan setelah dibuat kan pondasi terlebih dahulu kemudian didirikan tiangnya berjumlah empat diantara tiang yang empat dibuat lantai dengan ketinggian 40 – 50 Cm. beralaskan papan kayu dan atau bilah bambu dianyam dengan tali pintal (Peppit), dibagian atasnya ada kayu ganda sebagai mirplatnya kemudian diatap dengan alang-alang, berugaq / sekepat ini tidak akan pernah didapati dalam bentuk atap gudangan akan tetapi ciri khasnya adalah dengan atap jurai.Fungsi dan kegunaan Berugaq / sekepat adalah sebagai tempat menerima tamu, menurut kebiasaan orang Sasak, tidak semua orang boleh masuk kerumah, oleh karena itu dibuatlah berugaq / sekepat ini sebagai alternatif tempat untuk menerima tamu, disamping itu pula bagi pemilik rumahyang memiliki gadis, ditempat inilah ia menerima pemuda yang datang midang, lebih lanjut berugaq / sekepat ini harus dalam bentuk terbuka tidak memiliki dinding apalagi penyekat karena siapapun berada ditempat itu akan dapat dilihat dan disaksikan oleh semua orang, disamping itu juga untuk menjaga agar hal-hal yang negatif tidak akan terjadi, terlebih lagi jika tamu laki-laki datang disaat tuan rumah sedang tidak ada ditempat, maka diberugaqlah tempat duduknya.Menurut beberapa Nara Sumber menjelaskan bahwa, tiang Berugaq / Sekepat yang berjumlah empat tersebut, digambarkan beberapa hal yang sangat diperhatikan oleh masyarakat komunitas Sasak dimasa lampau yaitu : Kebenaran yang harus diutamakan ; Kepercayaan diri dalam memegang amanah ; dalam menyampaikan sesuatu hendaknya berlaku jujur dan polos dan sebagai orang yang beriman hendaknya pandai / cerdas dalam menyikapi masah (tanggap) , atap yang memayungi Berugaq/Sekepat tersebut, menggambarkan bahwa Tuhan Maha tahu atas segalanya, baik yang tersirat maupun yang tersurat apalagi.
4. S E K E N A M :
Sekenam merupakan sarana pendukung dalam tata ruang pemukiman masyarakat komunitas… Sasak, designe dan ornamennya hampir sama dengan berugaq / sekepat, hanya yang membedakan adalah kalau berugaq / sekepat memiliki tiang empat buah sedangkan sekenam memiliki tiang sebanyak enam buah, bangunan sekenam ini biasanya dibangun atau diletakkan pada bagian belakang rumah, dan dimanfaatkan sebagai tempat kegiatan belajar mengajar tentang Tata Krama, ilmu sosial lainnya dan dipergunakan pula sebagai tempat pertemuan keluarga secara internal.
5. BALE B O N T E R :
Bale Bonter adalah sebuah bangunan tradisional Sasak yang umumnya ….dimiliki oleh para perkanggo/ Pemerintah Desa, Dusun / kampung, bale bonter ini dipergunakan sebagai temopat pesangkepan / persidangan adat antara lain sebagai tempat penyelesaian masalah pelanggaran hukum adat, tempat pembuatan awig-awig baik Awig-awig Desa maupun Gubug atau kampung/ banjar keluarga.Bale Bonter ini dapat juga disebut Gedeng Pengukuhan dan tempat menyimpanan benda-benda bersejaran atau pusaka warisan keluarga, bale Bonter ini berbentuk segi empat bujur sangkar, memiliki tiang paling sedikit 9 buah dan paling banyak 18 buah tiang, bangunan ini dikelilingi dengan dinding bedek atau tembok ditengahnya tidak memiliki sekat, melainkan seperti aula, designe atap tidak memakai nock / sun, hanya pada puncak atapya itu menggunakan tutup berbentuk kopyah berwarna hitam.Bale Bonter ini biasanya dibangun ditengah-tengah pemukiman dan atau dapat pula dibangun di pusat pemerintahan Desa / kampung.
6. BALE B E L E Q BENCINGAH) :
Bale Beleq adalah salah satu sarana penting bagi sebuah Kerajaan,…. dimana bale beleq ini diperuntukkan sebagai tempat kegiatan besar Kerajaan, bale beleq ini dapat pula disebut “Bencingah” sebab ditempat ini Datu / Raja menyelenggarakan upacara ceremonial kerajaan seperti :- Pelantikan Pejabat Kerajaan- Penobatan Putra Mahkota Kerajaan- Kegiatan anjenengan- Pengukuhan/penobatan para Kiyai Penghulu (Pendita) Kerajaan,, disamping itu ditempat ini juga digunakan sebagai tempat penyimpanan benda-benda Pusaka Kerajaan seperti persenjataan dan benda pusaka lainnya seperti pustaka / dokumen dokumen KerajaanBale Beleq ( Bencingah) ini tidak dapat dibuka pada sembarang waktu, melainkan hanya boleh dibuka pada waktu-waktu tertentu sesuai perintah Sang Raja ( Datu). bentuk Bangunan Bale Beleq (Bencingah) ini pondasi dibuat lima trap tangga (undak-undak), hal ini disesuaikan dengan keberadaan / status serta struktur Pemerintahan pada masa itu / eksistensi Kerajaan Selaparang & Pejanggiq.Bangunan berbentuk segi empat bujur sangkar, disetiap penjurunya ditambah dengan semacam teras akan tetapi menyatu dengan induk bangunan tersebut hal ini nejunjukkan bahwa, kecerdasan itu akan nampak manakala menyampaikan sesuatu yang benar dan yang benar itu wajib dipercaya, prilaku yang seperti inilah bentuk dari watak dan karaktristik masyarakat komunitas Sasak yang sebenarnya.
7. BALE T A J U K :
Bale Tajuk ini salah.. satu sarana pendukung bagi bangunan rumah tinggal yang memiliki keluarga besar dan luas, bale tajuk ini berada ditengah lingkungan keluarga santana, bangunan ini dipergunakan sebagai fasilitas pertemuan keluarga besar yang ada, disamping itu juga sebagai tempat pelatihan macapat takepan, Lontar maupun Bell sebagai suatu upaya dalam menambah wawasan tentang pustaka lama, belajar Tata Krama.Bentuk dan ciri khas bale tajuk, pada umumnya dengan denah segi lima dengan tiang berjumlah lima buah, ini melambangkan bahwa masyarakat komunitas Sasak adalah masyarakat yang religius yang menurut keyakinan mereka, setiap mahluk hidup pasti akan mati, setiap sesuatu yang lahir maka pasti akan berakhir, pada pondasi bersusun tiga trap menunjukkan rasa syukur atas nikmat Tuhan, kesabaran jiwa dalam menempuh segala ujian dan ikhlas dalam pengabdiannya kepada Nusa, Bangsa serta Agama yang dianut.Disamping bentuk dan designe bangunan rumah adat Sasak seperti tersebut diatas, adapula jenis bangunan lain seperti Bale “Gunung Rate” dan Bale “Balaq”, Bale Gunung Rate ini biasanya dibangun oleh masyarakat yang tinggal lereng pegunungan, sedangkan Bale Balaq ini sesuai dengan namanya balaq artinya bencana, maka untuk menghindari bencana banjir, maka masyarakat dipesisir pantai membangun rumah Bale Balaq, bangunan iniberbentuk rumah panggung.
0 komentar:
Posting Komentar